9 Tips agar bisa menguasai bahasa Rusia lebih cepat

9 tips agar bisa menguasai bahasa Rusia lebih cepat.

Bahasa Rusia dikenal sebagai bahasa yang sulit dipelajari , karena bahasa yang merupakan kelompok bahasa-bahasa slavik ini memiliki susunan tatabahasa yang lumayan rumit ,ditambah tampilan huruf cyrylic yang digunakan semakin menguatkan kesan bahwa bahasa rusia adalah bahasa yang aneh .

Namun ,faktanya tidaklah begitu ,sebut saja di Bali, saat ini terdapat ratusan orang yang tersebar bekerja di hotel , restaurant ,villa ,guide bahkan sopir mampu berkomunikasi dalam bahasa Rusia ,dari yang sekedar hanya mampu menyampaikan salam ,ungkapan sederhana ,dari kategori bahasa pasaran sampai berkomunikasi layaknya orang Rusia asli, padahal mereka nota bene bukanlah lulusan sastra Rusia dari sebuah perguruan tinggi,ataupun yang pernah tinggal di Rusia. Kok bisa ? ……………Mereka hanya belajar secara otodidak ,merupakan hasil atas berani praktek langsung dengan wisatawan Rusia yang sedang berlibur di Bali.
Anda mulai penasaran ? bagaimana caranya ? Jangan khawatir ,berikut ini akan Saya rangkumkan beberapa tips belajar bahasa asing dimana Saya yakin ,guru bahasa inggris anda saat duduk di bangku SMA dulu tidak pernah mengungkap tentang hal ini .
Tips yang Saya berikan ini tentunya tidak hanya bisa digunakan untuk mempelajari bahasa yang menjadai salah satu rumupun dari bahasa slavik saja , tentunya juga dipraktekkan untuk mempelajari bahasa asing lainnya.

Dan ,inilah dia 9 tips agar bisa menguasai bahasa Rusia jauh lebih cepat.

1.Mulailah dengan kemauan keras

Sebelum Anda melakukan sesuatu,temukan dulu alasan yang kuat,mengapa Anda akan melakukannya .Termasuk belajar bahasa Rusia . Ini mungkin kedengarannya sederhana ,tapi sangat berpengaruh terhadap ketuntasan goal anda nantinya .
Coba sekarang tanya pada diri Anda sendiri,apakah yang menjadi alasan pribadi anda untuk mempelajari bahasa Rusia ?
Berusahalah jujur dengan diri sendiri ,karena itu akan menjadi darah yang selalu menyemangati langkah anda, percayalah …………….!,sehingga apa yang anda lakukan , tidak mandek ditengah perjalanan.
Ada berbagai alasan ,mengapa orang berbondong-bondong belajar bahasa Rusia. Sebut saja diantaranya : ingin meningkatkan karir , meningkatkan financial keluarga .Setelahmelihat orang lain dengan bekal kemampuan berbahasa Rusia ,Dia bisa membeli mobil baru. Atau Anda ingin bekerja di luar negeri atau kuliah di Rusia ataupun ingin dapatkan cewek Rusia yang terkenal cantik nan aduhai ( nah………. .ketahuan.he he………. ) apapun alasannya ,
Sekali lagi,berusahalah jujur !

Setelah Anda menemukan alasan yang kuat ,selanjutnya lakukan apa yang Anda telah putuskan . Mungkin dalam perjalananyaAnda akan mengalamai gelombang naik turunnya mood ,termasuk semangat juang.Sekiranya itu sedang Anda alami ( Anda tidak sendiri………..), itu hal yang wajar ,namun cobalah untuk tetap tekun sambil mengingat kembali alasan kuat,apa yang melatar belakangi Anda untuk mulai mempelajari bahasa Rusia.selanjutnya berusahalah menghargai diri sendiri dengan menggunakan falsafah “ tuntaskan setiap apa yang Aku mulai “ atau ikuti ajaran pepatah barat “ berbuahlah setelah kau berdaun “.

Karya agung dihasilkan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan ketekunan. Berlatihlah akan membuat otak berkembang sesuai harapan yang kita inginkan.
( SAMUEL JOHNSON )

2.Mulailah dengan 100 kata pertama
Tokoh Brain power motivator, Tony Buzan melalui bukunya “use your head “ dalam bukunya yang menjdi best seller tersebut ,disampaikan bahwa : untuk mempelajari bahasa asing baru apa saja,dimulai dengan 100 kata wajib . kata-kata tersebut,diantaranya : A, After, Again, All, Almost, Also, Always, And ,Because , Before, Big, But, Can ( I can), Come (I come), Either/or, Find (I find), First, For, Friend , From, Go (I go), Good, Goodbye, Happy , Have (I have), He, Hello, Her,How, I, If,In,Know (I know), Last, Like (I like), Little, Love (I love), Make (I make) ,Many, Me ,More, Most,Much………..dst .
Jadi, bahasa apapun yang anda pelajari ,mulailah dengan mengenal 100 kata tadi , memang survey membuktikan kata-kata tersebut ,paling lazim digunakan dalam percakapan sehari-hari ,khususnya bagi pemula dan dilanjutkan dengan kosa kata berikutnya.

Orang dapat berjalan melintasi gunung yang tertinggi satu langkah demi satu langkah.
( JOHN WANAMAKER )

3.Tontonlah Televisi Rusia
Salah satu Tv Rusia yang paling terkenal adalah RTR ,anda bisa tonton melalui jaringan TV kabel. Acaranya sangat variatif dan menarik .mendengar dan menonton Tv sangat membantu dalam meguatkan pendengaran ( kemampuan listening ) anda, selain bisa mengkorfimasi pelafalan ,kita juga bisa mendpatkan kosa kata baru seriring dengan peradaban ,pergaulan dan majunya tehnologi informasi .

Otak memiliki kemampuan melakukan hal-hal luar biasa yang paling komlpeks sekalipun pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang sederhana.kunci berfungsinya otak sangat sederhana , yaitu : imajinasi dan asosiasi
( BUZAN ( 2008:18-21 )

4.Mulailah dengan menterjemahkan aktivitas sehari-hari
Langkah satu mil dimulai dengan satu langkah.begitu juga dalam belajar bahasa asing,mulailah dengan menterjemahkan salam ,pernyataan setuju ,menolak , menawarkan ,ekspresi-ekspresi lain yang sering diungkapkan dan terakhir adalah bahasakan kedalam bahasa Rusia apa yang sedang anda lakukan.hingga kepentingan khusus sesuai profesi anda. Lalu latihlah !

5.Dengarkan lagu Rusia
Mendengarkan lagu lagu dalam bahasa Rusia yang kita pelajari,sangat membantu kita menguatkan emosi dalam belajar .karena apapun yang kita lakukan apabila kita lakukan dengan sukacita kualitas belajar dan daya ingat akan jauh lebih baik.Saat ini banyak sekali penyanyi –penyanyi Rusia yang memikiki kualitas suara bagus serta artikulasi sangat jelas .
Saya sangat sarankan untuk mendengarkan lagu dengan genre pop dan reff .Saat ini refernesi nama penyanyi yang lagi ngetrend bisa anda lihat di yandex ( googlenya Rusia ) atau melalui orang Rusia yang anda kenal.
Sedangkan Saya awalnya dulu sangat menyukai lagu –lagu dari penyanyi : Alsu, Tatu ,Cai dwayom , Alexander Malinin ,bahkan Saya beruntung sempat bertemu dengan salah satu dari mereka di Bali.

6.Praktek,praktek dan praktek.
Dalam proses pembelajaran ,saya lebih suka menyebut analogi orang buta dan orang lumpuh. Kita tahu, kalau orang lumpuh ( dia bisa melihat dimana ada lobang , dimana ada duri sehingga Dia bisa menyarankan kepada orang lain untuk tidak terjerumus kedalam lobang tersebut ,sementara lihat ! Dia sendiri statis ( tidak bergerak ).
Sementara orang Buta ,dengan keterbatasan indra penglihatannya ,namun dengan tetap berusaha berjalan walupun terseok-seok sekalipun dan dengan resiko akan tertusuk duri bahkan bisa jatuh ke selokan sekalipun ,namun lihat……………. ! Dia tidak tinggal di tempat,seperti halnya orang lumpuh tadi .Sebaliknya Dia bergerak ( ada kemajuan )
Analogi tadi mengajarkan Kita bahwa : Seberapapun ilmu yang Anda ketahui,banyak ataupun sedikit ,tidak akan berdaya guna sepanjang tidak pernah diterapkan . merasa malu melakukan kesalahan ,malu ditertawakanba jika bicaranya ngawur, tidak sesuai dengan gramatika.takut dicap bodoh ,ketahuan tidak bisanya ,.,..dst. ketahuilah itu semua sifatnya manusiawi.kalau ingin maju,lawanlah semua sifat itu.rubah pola pikir anda dengan kalimat seperti ini ,” apa untungnya kalau saya berhasil melakukan ?” lantas apa ruginya kalau saya tidak melakukan ?”.
Kebanyakan seseorang belum berani praktek ,karena merasa belum memiliki pemahaman akan gramatika yang benar dan jelas. Dan……………… saran Saya untuk langkah pertama adalah : utamakan kosa kata dulu sebagai modal untuk berbicara , selanjutnya sambil jalan kita perbaiki tata bahasanya.
Ingat sekali lagi ,tahu benar tata bahasa namun minim kosa kata,tak lebinya Anda seperti orang lumpuh,sebaliknya dengan tahu banyak kosa kata namun minim tata bahasa,anda mirip seperti kondisi orang buta.
kalau Anda, pilih menjadi yang mana ?
kalau Saya pilih menjadi orang normal yang bisa jalan dan bisa melihat ,he he……… )
Sebuah pertanyaan yang paling sering siswa tanyakan kepada kepada Saya , adalah bagaimana cara supaya bisa bicara dalam bahasa Rusia ? Sayapun dengan tegas menjawab ,ada 3 hal yang dibutuhkan.Mendengar jawaban itu spontan saja semua siswa bergegas agar tidak ketinggalan untuk mencatat .dan Saya melanjutkan 3 hal tadi adalah :
1.praktek
2.praktek
3.praktek
Semua siwa tersenyum lebar mendengar jawaban yang lumrah itu ,karena Mereka kira sebelumnya Saya akan memberikan istilah baru yang mungkin Saya dapatkan dari kitab suci ( he he he )
Jauh sebelumnya ,seorang legenda kungfu yang terkenal Bruce Lee menyetujui ungkapan saya ini dengan pernah mengutarakan pernyataan yang inspirasional, yaitu : “ to know is nothing but applying what you now is everything”.

to know is nothing but applying what you now is everything ”.
Bruce Lee

7.Temukan orang asing sebagai teman bicara.
Setelah mengetahui kosa kata ,beranilah anda mencari teman yang diajak berdialog,berlatih bisa teman sendiri maunpun orang asing bahkan wisatawan.tentunya orang Rusia asli ,jauh lebih baik dari orang Kita apalagi orang asing tersebut sedikit mengerti bahasa kita., .Dengan adanya orang native sebagai teman bicara kita,tentunya memiliki kualitas latihan yang jauh lebih bagus ketimbang orang lokal, menggunakan kaset atau sarana batu lainnya.
Orang seperti ini,biasanya adalah orang yang tinggal dalam waktu lama di negeri kita,pebisnis , pensiunan ,termasuk juga siswa pertukaran pelajar yang berada di indonesia.mereka sangat terbuka untuk menjadi teman bicara ,apalagi bagi mereka yang tertarik mengetahui budaya kita lebih lanjut.
Perlu Anda ketahui bawha “wisatawan Rusia sangat senang bila ketemu dengan orang lokal yang bisa berbincang dalam bahasa Mereka .Mereka sangat surprise dan tidak sedikitpun ada pikiran untuk mencela atau meremehkan kualitas kemampuan kita,bahkan kalau Anda cerdik bernegosisasi , anda malahan bisa diberikan kamus gratis atau buku percakapan dalam bahasa Rusia.

Kebanyakan gagasan mendasar dari ilmu pengetahuan pada dasarnya sederhana dan biasanya dinyatakan didalam bahasa yang mudah dimengerti oleh semua orang.
( Albert Einstein )

8.Ketahuilah cara orang lain belajar !
Banyak cara belajar bahasa asing .baik dari cara mendapatkan kosa kata,menghafal kalimat , menghafal tata bahasa hingga cara mengingat agar tersimpan kedalam memory jangka panjang .
Dalam perjalanan saya mempelajari beberapa bahasa asing,melalui referensi berbagai buku dan latihan coba-coba ,akhirnya Saya temukan beberapa kosa kata yang sama dengan bahasa Rusia dengan arti yang sama,sebaliknya banyak kata- kata yang sudah saya kenal dalam bahasa asing sebelumnya,ditemukan dalam bahasa Rusia ,namun memiliki arti yang berbeda.,
Melalui tehnik yang direkomendasikan oleh Tony Buzan , saya bisa dapatkan dan hafalkan lebih banyak kosa kata baru ,terbukti hasilya lumayan ,yakni dengan satu minggu pertama belajar bahasa Rusia ,saya bisa mengumpulkan sebanyak 400 kosa kata ,dan saya ingat mutlak kata-kata tersebut lengkap beserta artinya tanpa bantuan buku .Belakngan Saya menyebut metoda ini “ interL”. Sebuah metoda dengan memanfaatkan fungsi kerja otak kanan dan otak kiri serta memakasimalkan fungsi keduanya(tehnik avdan )
Kesimpulannya, Semakin banyak anda memahami bahasa asing, khabar gembiranya adalah semakin gampang bagi Anda untuk mempelajari bahasa asing berikutnya dan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan linguistik quotiont, artinya : siapapun Anda bisa menerapkan dan mendapatkan hasil dengan menerapkan metoda ini,tanpa harus memiliki kecerdasan atau berasal dari keluarga yang memiliki DNA mahir berbahasa asing. Untuk penjabaran lebih lanjut tentang metoda tersebut,silahkan tunggu buku saya berikutnya dengan judul “interL, akhirnya terbongkar cara tercepat menguasai bahasa asing” .

The more you know about foreign language, the easier you can learn other foreign languages. Infact , it is not at all corellated with “ lingual quotient “.
( PutuAdnyana )

9.Ciptakan cara belajar anda sendiri.
Setelah anda mengenal metoda saya diatas,kalau memang Anda benar –benar tertarik,bacalah lebih banyak buku sejenis ,dapatkan referensi lebih banyak dari berbagai media.Setelah Anda punya gambaran,tidak ada salahnya mencoba merumuskan cara belajar anda sendiri,seperti berbagai cara dan upaya siswa untuk menghafalkan pelajaran saat kita duduk di bangku sekolah dulu.
Percayalah ,upaya anda tidak akan sia-sia.

Mau bukti manfaat lain ?
Setelah Anda bisa menguasai bahasa Rusia dengan baik ,maka sangat gampang bagi Anda untuk mempelajari bahasa asing yang lain ,seperti bahasa : Ceko, Slovakia , Polandia,Ukrania , Bulgaria,Slovania,Serbia dan Kroasia ,karena bahasa Rusia dan bahasa yang disebut diatas merupakan kelompok bahasa slavik dimana slavik sendiri adalah berakar dari indo-european languages..

There is no perfect way of learning a new language. but there is a good way you can always choose.
( anonim )

Putu Adnyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *